Pengertian evaluasi, pengukuran, penilaian
dan tes
Dalam dunia pendidikan,evaluasi,pengukuran,penilaian
dan tes merupakan istilah yang umum di jumpai dan saling terkait satu sama lain
namun sangat berbeda.Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu
kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan
instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh
suatu kesimpulan.Asmawi Zainul
dan Noehi Nasution mengartikan pengukuran sebagai pemberian angka kepada suatu
atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau obyek
tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas sedangkan penilaian
sebagai suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi
yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes
maupun non-tes.Adapun
Tes merupakan alat, cara dan langkah-langkah sistematik
untuk mengukur sejumlah perilaku tertentu dari subjek uji.
Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi
pembelajaran dilaksanakan untuk berbagai tujuan.Adapun tujuan khusus evaluasi
adalah:
-Mengetahui kemajuan belajarsiswa
-Mengetahui potensi yang dimiliki
siswa
-Mengetahui hasil belajar siswa
-Mengadakan seleksi
-Mengetahui kelemahan atau kesulitan
belajar siswa
-Memberi bantuan dalam pengelompokan
siswa dan pemilihan jurusan
-Memberikan bantuan dalam kegiatan
belajar siswa
-Memberikan motivasi belajar
-Mengetahui efektifitas dan
efesiensi mengajar guru
-Memberikan balikan pada guru
-Memberikan bukti untuk laporan
kepada orang tua atau masyarakat
-Memberikan data untuk penelitian dan
pengembangan pembelajaran
Fungsi Evaluasi Pembelajaran
Sejalan dengan tujuan,evaluasipun terdiri dari
beberapa fungsi yaitu antara lain :
-Selektif, artinya
evaluasi berperan dalam proses seleksi
-Diagnostik,maksudnya
evaluasi dapat mendeteksi kemajuan ataupun kesulitan belajar siswa
-Penempatan,evaluasi berperan dalam penentuan
pengelompokan siswa
-Pengukur keberhasilan, evaluasi sebagai instrument untuk mengetahui tingkat
keberhasilan -PBM
Macam – macam Evaluasi
Formatif, evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir
pembahasan suatu pokok bahasan / topik, dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh
manakah suatu proses pembelajaran telah
berjalan sebagaimana yang direncanakan.
Sumatif, evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir
satu satuan waktu yang di dalamnya tercakup lebih dari satu pokok bahasan, dan
dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah
dari satu unit ke unit berikutnya.
Diagnostik, evaluasi yang digunakan
untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang ada pada siswa sehingga dapat
diberikan perlakuan yang tepat.
Seleksi dan Penempatan, yaitu hasil penilaian
dapat dijadikan dasar untuk menyeleksi dan menempatkan peserta didik sesuai
dengan minat dan kemampuannya.
Prinsip –prinsip Evaluasi
Penilaian hendaknya dilakukan secara cermat dan
dapat dipertanggungjawabkan,oleh karena itu dalam melakukan penilaian perlu
memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
-Prinsip ketepaduan
-Prinsip kelengkapan
-Prinsip kesinambungan
-Prinsip objektivitas
-Prinsip relevansi
-Prinsip keteraturan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan numpang coret bagi syapa sj yang berminat yaa...sebaris ketikan komen kamu sangat berarti besar buat motivasi blog baru ini..(o_o)v