Penilaian
kinerja (Performance Assesment)
Suatu penilaian yang meminta siswa untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan kelakuan kerjanya ke dalam berbagai
tugas yang bermakna dan melibatkan siswa sesuai dengan criteria yang
diinginkan.
Penilaian unjuk kerja dikenal juga tes perbuatan/ praktik adalah teknik
penilaian yang menuntut siswa menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk
kerja seperti: bercerita, berdeklamasi (penghayatan, pelafalan, intonasi,
ekspresi), membaca nyaring, berpidato, bermain peran, berbalas pantun, drama
teater, dll
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat penilaian kinerja adalah
sebagai berikut:
Identifikasi tujuan yang ingin dicapai dengan
menerapkan penilaian kinerja
Identifikasi tujuan yang ingin dicapai dengan
menerapkan penilaian kinerja
• Konsep, keterampilan atau pengetahuan apa yang akan kita nilai?
• Apa yang seharusnya diketahui oleh siswa?
• Bagaimana kinerja siswa yang diharapkan?
• Tipe pengetahuan apa yang akan dinilai: rasional, memori, ataukah proses?
• Memilih kegiatan yang cocok untuk menilai siswa
• Perhatikan: batasan waktu yang tersedia, sumber daya alat di kelas, berapa banyak data yang diperlukan untuk mengetahui kualitas kinerja siswa
• Menentukan kriteria kualitas kinerja siswa
• Mengidentifikasi secara keseluruhan kinerja yang akan dinilai
• Mendaftar aspek-aspek penting dari kinerja atau produk
• Membatasi jumlah kriteria yang dapat diamati
• Menyatakan kriteria dalam bentuk karakteristik produk atau kelakuan siswa yang dapat diamati
• Menyusun kriteria agar dapat diamati dengan efektif
• Menyusun rubrik kinerja
• Menilai kinerja: metode holistic dan metode analytic
Penilaian produk
Penilaian terhadap keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur
kerja dalam menghasilkan suatu produk (karya); dan aspek kualitas teknis dan
estetik produk (karya) tersebut.
Tidak hanya diperoleh dari hasil akhir, namun juga proses pembuatannya
Tidak hanya diperoleh dari hasil akhir, namun juga proses pembuatannya
Pengembangan produk meliputi 3 tahap:
- Tahap persiapan/perencanaan: merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, mendesain produk
- Tahap pembuatan:menyeleksi dan menggunakan bahan dan alat serta menentukan teknik yang tepat
- Tahap penilaian: kemampuan siswa membuat produk
Penilaian Proyek
Penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam
periode/waktu tertentu.
Tugas berupa suatu investigasi sejak pengumpulan, pengorganisasian,
pengevaluasian hingga penyajiaa data
Penilaian proyek ini dilakukan sejak perencanaan, proses selama pengerjaan tugas, sampai hasil akhir proyek. Penilaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek atau skala rentang.
Penilaian proyek ini dilakukan sejak perencanaan, proses selama pengerjaan tugas, sampai hasil akhir proyek. Penilaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan daftar cek atau skala rentang.
Pengertian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa.Hasil kerja itu
sering disebut artefak. Artefak-artefak itu dihasilkan dari pengalaman belajar
atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu. Artefak-artefak
itu diseleksi dan disusun menjadi satu portofolio.
Dengan kata lain, portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil
pekerjaan seorang siswa (bersifat individual) yang menggambarkan (merefleksi)
taraf pencapaian, kegiatan belajar, kekuatan, dan pekerjaan terbaik siswa
tersebut.
Ciri dari koleksi ini dinamis, selalu bertumbuh dan berubah
Jenis-jenis portofolio
- Portofolio perkembangan: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan pertumbuhan seorang siswa
- Portofolio pamer/showcase: berisi koleksi artefak siswa yang menunjukkan hasil karya terbaiknya
- Portofolio komprehensif: berisi koleksi artefak seluruh hasil karya siswa
Mekanisme penugasan portofolio:
- Memulai dengan contoh/model konkret sebelum
- memberi tugas, misal: ringkasan cerita
- Model dibahas besama kemudian diuraikan ciri-cirinya,misal: pembukaan, isi, penutup.
- Siswa diminta untuk membuat tugas (dalam proses, guru membimbing siswa agar mencapai kriteria yang telah ditetapkan)
- Apabila untuk satu jenis tugas yang sama dihasilkan beberapa hasil, siswa memilih tugas yang terbaik untuk dimasukkan dalam portofolio
Penilaian Sikap
Salah satu penilaian berbasis kelas terhadap suatu konsep psikologi yang
kompleks, a.l: sikap terhadap mata pelajaran, guru mata pelajaran, proses
pembelajaran, materi pembelajaran, dan sikap berhubungan dengan nilai yang
ingin ditanamkan dalam diri siswa melalui materi tertentu.
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara: observasi perilaku, pertanyaan langsung dan penggunaan skala sikap.
Penilaian Diri
Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian yang meminta siswa untuk menilai dirinya sendiri berkitan dengan status., proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara: observasi perilaku, pertanyaan langsung dan penggunaan skala sikap.
Penilaian Diri
Penilaian diri (self assessment) adalah suatu teknik penilaian yang meminta siswa untuk menilai dirinya sendiri berkitan dengan status., proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
Inti dari penilaian diri adalah kejujuran siswa dalam mengungkapkan tingkat
pencapaian kompetensi yang ada pada dirinya yang berkaitan dengan konsep,
praktik, dan sikap atau minat melalui format penilaian diri.
Ciri utama penilaian diri:
1. termotivasi sendiri
2. adanya komitmen kepala sekolah
3. tersosialisasikan dengan baik
4. berkesinambungan
5. transparansi
Ciri utama penilaian diri:
1. termotivasi sendiri
2. adanya komitmen kepala sekolah
3. tersosialisasikan dengan baik
4. berkesinambungan
5. transparansi
Proses penilaian diri:
1. siswa menghasilkan observasi sendiri
2. membuat pertimbagan sendiri
3. melakukan reaksi sendiri, menafsirkan tingkat pencapaian tujuan dan menghayati kepuasan hasil reaksi sendiri.
1. siswa menghasilkan observasi sendiri
2. membuat pertimbagan sendiri
3. melakukan reaksi sendiri, menafsirkan tingkat pencapaian tujuan dan menghayati kepuasan hasil reaksi sendiri.
Thankyou
BalasHapusApa beda penilaian produk dengan portofolio? Apakah kedusnya sama?
BalasHapusbagusrkembang terus be
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusTerima kasih.
BalasHapusTrimakasih atas ilmu.a
BalasHapusjangan berhenti menulis... tulisan anda di tahun 2013 masih terbaca di tahun 2021
BalasHapusSangat membantu,trimakasih sdh berbagi ilmu.
BalasHapusContoh kinerja yg kaya gimana ya
BalasHapusLuar biasa 👍👍
BalasHapusBelum ada untuk contoh penilaian proyek
BalasHapusMenambah Wawasan, tp masih ada kesamaannya.,jd coba dispesifik LG🙏
BalasHapusTerima kasih..sangat bermanfaat🙏
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya. Semoga berkah dan bermanfaat dalam menambah wawasan saya terkait penilaian.
BalasHapusSangat bermanfaat, beri rubriknya ya.
BalasHapus