Sabtu, 17 November 2012

How to sharped uR mind

Tips mempertajam daya ingat

Hayo siapa disini yang suka lupa??? Tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah mengalami kejadian LUPA. Saya sendiri termasuk orang yang memiliki daya ingat yang rendah alias tukang lupa dan ini mau tidak mau cukup membuat bebarapa hal dalam hidup saya jadi terganggu. Mungkin kamu yang pelupa juga merasakan hal yang sama. Setuju gak?

Oia, Katanya, penyakit lupa itu identik dengan faktor usia. Semakin bertambah usia seseorang maka semakin menurun daya ingat mereka. Namun banyak cara untuk memaksimalkan daya ingat kita. Intip tipsnya yuuk!!

Senam Otak
Otak adalah semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Sama halnya dengan otot-otot yang lain, agar memaksimalkan fungsinya kita perlu melakukan senam otak maka otak kita jadi sehat.  Latihannya tidak perlu berat-berat kok, cukup dengan melakukan permainan yang menggunakan otak yang ringan setiap hari. Caranya? Bisa dengan tantangan atau bermain tebak-tebakan untuk diri sendiri yang bisa mengasah otak. Misalnya, menyebut lagu-lagu lama, menebak isi kulkas atau bisa dengan menyebut nama-nama tetangga yang tinggal di lingkunganmu.  Its simple! 

Berfikir
Otak itu seperti pisau. Dia akan tumpul dan karatan kalau tidak sering kita asah. Lakukanlah kegiatan berfikir sesering mungkin. Mengingat hal yang tidak kunjung datang dalam ingatan tentu sangat menjengkelkan. Saat kamu mengalami hal tersebut, tenang, jangan panik. Jangan paksakan diri untuk tahu saat itu juga tetapi mulailah dengan memikirkan hal-hal ringan

Minum air putih
Faktanya, seluruh organ dalam tubuh manusia akan berfungsi dengan baik jika memiliki asupan cairan yang cukup. Tak terkecuali otak kita. Oleh karena itu, biasakan minum air putih sesering mungkin minimal 6-8 gelas sehari.

Santai
Tekanan atau stres akan membuat fungsi otak melemah dan menjadi kurang berkonsentrasi. Beristirahat sejenak merilekskan diri sambil melakukan aktivitas santai seperti membaca buku atau bisa juga dengan melakukan yoga.

Membaca Alqur’an
Menurut pendangan sebagian muslim, sering membaca alqur’an membuat otak menjadi sehat. Hasil riset para pakar (filosofis) m'baca Al Qur'an dpt meningkatkan kinerja otak & m'pertajam ingatan sampai 80% krn ada 3 aktifitas yg baik bagi otak yaitu MELIHAT, MENDENGAR, MEMBACA. Waktu yg bagus utk m'baca Al Qur'an stlh shalat terutama subuh & maghrib. Krn di kedua wkt itu otak dlm keadaan refresh di sebabkan pergantian wkt, dr gelap ke terang & sebaliknya.

Tidur
Tidur merupakan salah satu cara mengistirahatkan diri. Saat tidur, sel-sel beristirahat dan beregenerasi. Tidur yang berkualitas akan membuat pikiran menjadi fresh saat kita bangun nanti.

Olahraga
Sirkulasi darah yang lancar akan membantu menyalurkan oksigen ke otak. Lakukan kegiatan fisik yang membantu perbaikan sirkulasi darah seperti jogging atau aerobik. Asupan oksigen yang cukup ke otak akan membantu mempertajam daya ingat.

Permainan teka-teki
Asah otak dengan bermain teka-teki, mengisi TTS atau bermain sudoku (permainan teka-teki yang sangat terkenal di Jepang) akan melatih daya ingat kita.

Berfikir lewat gambar
Salah satu cara untuk membantu menguatkan daya ingat adalah dengan berfikir lewat gambar. Aplikasikan hal yang ingin kita ingat dalam bentuk visual seperti misalnya saat ingin menyusun daftar belanja. Bayangkan diri kamu menyusuri lorong-lorong supermarket dan menemukan barang yang kamu inginkan. Saat kamu merasa sudah ditempat itu maka kamu akan dengan mudah menyusun daftar barang apa saja yang ingin kamu beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan numpang coret bagi syapa sj yang berminat yaa...sebaris ketikan komen kamu sangat berarti besar buat motivasi blog baru ini..(o_o)v